Jumat, 19 Desember 2014

DRUMBAND WIRA BHUANA YUDHA DARI BATALYON ARHANUDSE 11/BS


Drumband merupakan sekelompok orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik (tiup, perkusi dan sejumlah instrumen) secara bersama-sama. Awal mula terbentuknya Drumband Wira Bhuana Yudha berawal dari kelompok peniup sangkakala yang berada di jaga kesatriaan (terdiri dari genderang dan terompet) muncullah ide untuk membuat 1 Regu Drumband yang dapat digunakan untuk upacara mingguan dan upacara satuan ataupun defile.
            Gagasan pembentukan Drumband terdiri dari 1 Penatarama, 1 Bass drum, 2 Tenor drum, 3 Genderang dan 2 Bellyra, adapun yang melatih personel drumband adalah perwira lulusan Akmil sesuai dengan kemahiran yang dimiliki oleh masing-masing perwira. Setelah 1 bulan tim Drumband  latihan sehingga pada tanggal 26 April 2010 dibentuklah Drumband Wira Bhuana Yudha sebagai simbol kebanggaan Batalyon Arhanudse 11/BS yang diprakarsai oleh Letkol Arh R. Edi Setiawan, dan pertama kali ditampilkan pada HUT Batalyon Arhanudse pada tanggal 15 Oktober 2010 di asrama Batalyon, setelah ditampilkan pada HUT Batalyon barulah pada tanggal 18 Nopember 2010 Drumband Wira Bhuana Yudha secara resmi dikukuhkan oleh Komandan Batalyon disaksikan oleh seluruh anggota Batalyon dalam suatu upacara pengukuhan. 


          
            Setelah dikukuhkan, Drumband Wira Bhuana Yudha pernah mengikuti kegiatan-kegiatan di wilayah kotamadya Binjai, baik Kirab maupun display unit kecil tetapi dalam pelaksanaannya tidak kalah menarik dengan marching band dalam unit besar, yang membuat beda dengan marching band adalah variasi pukulan yang dimiliki oleh personel drumband sehingga tidak kalah menarik dibandingkan yang lain.
            Puncak dari latihan dan beberapa event di luar tahun 2010 adalah penampilan Drumband Wira Bhuana Yudha pada saat serah terima Komandan Batalyon dari Letkol Arh R. Edi Setiawan kepada Letkol Arh Sony Hendayana oleh Panglima Komando Daerah Militer I/BB Mayor Jendral TNI Leo JP Sigers pada tanggal 22 Desember 2010. Semua orang terkagum kagum karena Drumband Wira Bhuana Yudha adalah satu-satunya drumband yang dimiliki oleh Satuan/Batalyon di jajaran Kodam I/BB.
            Setelah acara serah terima jabatan yang disaksikan oleh Pangdam I/BB perjuangan Drumband Wira Bhuana Yudha baru dimulai, karena setelah pelaksanaan upacara serah terima jabatan Komandan Batalyon yang baru meningkatkan/memperbanyak jumlah alat dan personel Drumband dalam waktu 3 bulan menjadi 2 penatarama, 12 Genderang, 6 Tenor, 6 Bellyra, 3 Bass drum dan 6 Terompet.





            Setelah terbentuk menjadi kekuatan 1 Peleton dan dilengkapi dengan 3 macan tenor serta 2 macan bass drum dan 1 burung elang bass drum dalam kelompok wira bhuana yudha yang ikut serta dalam mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Persatuan Drumband seluruh Indonesia (PDBI) mulai dari Binjai, Langkat sampai kejuaraan pesta Danau Toba di daerah Parapat Sumatera Utara. Hingga kini Drumband Wira Bhuana Yudha ikut serta dalam acara pernikahan anggota yang diawali acara tradisi sangkur pora.
            Memasuki tahun 2012 dengan dukungan dari Komandan Batalyon, Drumband Wira Bhuana Yudha dilengkapi dengan penambahan 1 burung, 2 Bellyra hingga total yang ada sampai 2012 sebanyak 12 genderang, 6 tenor, 6 bellyra dan 6 terompet serta dilengkapi 2 burung dan 5 buah macan. Selain pemenuhan kebutuhan perlengkapan Drumband menjadi motor di Kodam I/Bukit Barisan sehingga saat ini tergabung menjadi Drumband Kodam I/Bukit Barisan yang ditampilkan setiap upacara 17-an yang diselenggarakan di Kodam, peringatan Hari buruh, maupun hari peringatan nasional dan hari kebesaran.





            Kegiatan pada tahun 2013 dimulai dari kegiatan kunjungan KASAD bulan mei 2013 di Makodam I/BB yang melibatkan Drumband Wira Bhuana Yudha, selain itu pada bulan juni melaksanakan serah terima jabatan Pangdam I/Bukit Barisan. Kegiatan tahun 2013 melaksanakan Display dan Kirab dalam rangka HUT RI ke 68 di Medan yang diselenggarakan oleh Peprovsu dan instansi militer serta sipil sewilayah Medan.
            Pada tahun 2013 alat Drumband oleh Komandan Batalyon Mayor Arh Candy Cristian Riantory, S.I.P. dilaksanakan tambahan alat 8 genderang, 4 tenor, 1 bass drum, 1 terompet dan stick penatarama. Sehingga total pemain saat ini :
1.    2 Penatarama
2.    18 Genderang
3.    12 Tenor Drum
4.    3 Bass Drum
5.    6 Bellyra
6.    8 Terompet

Drumband Wira Bhuana Yudha dalam rangka pembukaan MTA di Kota Binjai

Drumband Wira Bhuana Yudha di Siantar

Drumband Wira Bhuana Yudha di Simalungun

Dengan total keseluruhan pemain drumband saat ini 50 orang serta dilengkapi 2 replika burung rajawali dan 5 replika macan sumatera, sehingga sampai sekarang keberadaan Drumband Wira Bhuana Yudha selalu menjadi kebanggaan prajurit satuan dan Korps Arhanud di Kodam I/Bukit Barisan yang tetap eksis dan diperhitungkan dengan kontribusi positif serta di luar pelaksanaan tugas pokok di bawah bimbingan Komandan Batalyon Mayor Arh Bambang Sukisworo B A S, S.I.P.(Febry 2006)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar