Senin, 29 Desember 2014

SOSIALISASI BELA DIRI MILITER YONG MOO DO KEPADA MASYARAKAT

 



Kepercayaan diri dan semangat membara, itulah yang terpancar dari wajah para anggota Yonarhanudse 11/BS yang pagi ini melaksanakan sosialisasi Bela Diri Yong Moo Do. Tim yang dipimpin oleh Serda Dedy Haryanto pagi itu telah berhasil merebut simpati khalayak ramai. Dengan suara merdunya Serda Dedi menerangkan seperti apakah olahraga Bela Diri Yongmoo Do ini.




Diprakarsai oleh Danyonarhanudse 11/BS Mayor Arh Bambang Sukisworo, Tim melaksanakan sosialisasi latihan Bela Diri Militer Yong Moo Do kepada warga Kota Binjai, tepatnya di halaman depan Masjid MTQ Binjai Timur. Sosialisasi ini semula hanya ditujukan kepada sekolah binaan Yonarhanudse 11/BS yaitu SMK 2 Binjai akan tetapi warga setempat berdatangan ikut menyaksikan kurang lebih sejumlah 250 orang, untuk mengenalkan secara lebih dekat kegiatan Bela Diri Militer Yong Moo Do . Diharapkan dengan adanya sosialisasi tersebut,  adik- adik dari SMK 2 Binjai maupun warga yang berminat tersadar untuk bergabung dalam rangka meningkatkan kemampuan bela dirinya sehingga menumbuhkan rasa aman dan kepercayaan dari dalam diri masing- masing. Adapun materi sosialisasi, yaitu sebagai berikut:



1. Sejarah/latar belakang terbentuknya Bela Diri Yong Moo Do yang diterangkan oleh Serda Dedi secara gamblang. Diterangkan juga bahwa latihan bela diri Yong Moo Do ini merupakan gabungan dari berbagai macam dasar bela diri dengan dikombinasikan spesialis dari gerakan-gerakan Taekwondo, Hapkido, Kumdo, Judo, Gulat dan Jujitzu, sehingga tercipta suatu sistem bela diri yang sangat efektif dan efisien yang dilakukan dengan berbagai variasi, tendangan, pukulan, bantingan, kuncian, teknik jatuhan dan lemparan, bela diri Yong Moo Do ini akan menjadikan bela diri yang berkarakter mematahkan dan mematikan. Dengan memiliki kemampuan bela diri ini bukan untuk bergaya atau berkelahi yang tidak jelas, tetapi akan membentengi kita dan memberikan rasa aman dari gangguan orang yang punya niat jahat pada diri kita. Sejalan dengan falsafah militer yang menjunjung sportifitas dan patriotisme, beladiri tangan kosong ini telah menjadi seni beladiri wajib di TNI Angkatan Darat sejak 2008. Dan sejak didirikannya Federasi Yongmoodo Indonesia (FYI), seni beladiri asal Korea ini pun mulai disosialisasikan kepada masyarakat umum di tahun 2012 ini.


Pengenalan dan sejarah Yong Moo Do
2.  Gerakan Dasar.
Gerakan Dasar
3.  Gerakan pukulan, tendangan dan jatuhan
 
Gerakan Jatuhan

4.  Gerakan berpasangan.
Gerakan Berpasangan

5.  Teknik kuncian dan bantingan.
 
Teknik Kuncian

 
Gerakan Kuncian


Teknik Kuncian

6.  Gerakan kuncian, bantingan dan jatuhan. 
Gerakan Jatuhan
Gerakan Jatuhan



Selain itu beladiri Yong Moo Do juga memiliki rangkaian gerakan yang tersusun sistematis   ( seperti "kata" dalam Karate ) yaitu Gibon. Untuk dapat menyaksikannya berikut ini kami tampilkan beberapa gerakan indah tersebut.



                                                                                                                                  

Serda Moh. Iqbal.....


1 komentar: