Selasa, 30 Desember 2014

Upacara Pembukaan Masa Orientasi Taja Baru

Penambahan personel di satuan satuan oleh prajurit yang baru saja keluar dari pendidikan adalah suatu hal yang rutin disamping itu juga menyesuaikan dengan kebutuhan organisasi. Seiring dengan siklus personil para Prajurit baru ini harus segera menyesuaikan dengan lingkungannya agar dapat beradaptasi dan melaksanakan kegiatan secara maksimal, bersama-sama dengan seniornya. Hal ini juga disampaikan pada hari Senin pagi tanggal 29 Desember 2014 pukul 08.00 saat Upacara Pembukaan Masa Orientasi Tamtama Remaja Baru oleh Inspektur Upacara Komandan Batalyon Arhanudse 11/BS Mayor Arh Bambang Sukisworo.

Para Prajurit baru ini akan mengawali masa pengabdian sebagai prajurit TNI AD khususnya Korps Arhanud dan perlu untuk segera mengenal satuannya secara detail sehingga akan tumbuh rasa memiliki dan cepat menyesuaikan di lapangan . Kepada para senior yang bertanggungjawab dalam membimbing dan mengarahkan supaya juga harus peduli dan mengutamakan faktor keamanan. Masa orientasi juga bukan merupakan ajang penyiksaan maupun pembalasan dendam. Pola pembinaan dan pengasuhan diterapkan secara berjenjang mengikuti senioritas.


Tanggung jawab terhadap pembinaan dipegang langsung oleh senior satu klik diatasnya, dan kewajiban bagi senior yang lain untuk mengawasi dan mengarahkan, sehingga akan terbentuk pola pengasuhan yang peduli, bertanggung jawab yang saling asah, asih dan asuh.


Masa orientasi ini akan diikuti oleh 10 Tamtama Remaja baru dengan didampingi langsung pembinanya dibawah pimpinan Letda Sobana. Dalam masa 3 hari para prajurit baru tersebut akan dibimbing secara terbatas untuk mengenal lingkungan Batalyon, maupun Baterai Baterai.


Pada hari pertama orientasi diadakan di lingkungan Komplek asrama Binjai dengan sasaran Mayon, Kantor-kantor Staf, Baterai Markas dan Baterai Q. Dengan langkah dan kompak suara nyanyian yang keras, mereka akan melaksanakan perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain, sehingga  para warga Batalyon dan keluarga pun akan ikut merasakan kehadiran Tamtama Remaja Baru tersebut. 


 Pada hari kedua mereka akan berangkat ke Baterai Meriam P Titi Kuning dengan menggunakan kendaraan, dan melaksanakan orientasi di lingkungan  Raimer P Titi Kuning selama setengah hari dilanjutkan pergeseran ke Raimer R Tanjung Selamet.


Pada hari ketiga setelah berbivak di Raimer R, mereka akan kembali ke Binjai berhenti di Km 15, melaksanakan lari jalanan kurang lebih 5 km dan melaksanakan tradisi penyambutan warga baru.


Selamat datang di Kota Binjai para tunas-tunas muda Arhanud, negara dan bangsa telah menanti dharma bhaktimu. Salam "Wira Bhuana Yudha".



Tidak ada komentar:

Posting Komentar