Senin, 05 Januari 2015

OLAH RAGA MILITER (ORAMIL) BAGIAN DARI PEMBINAAN PERSONEL YONARHANUDSE 11/BS DALAM MEMBENTUK PRAJURIT PROFESIONAL

Pembinaan personel merupakan bagian dari Pembinaan Satuan yang bertujuan untuk membentuk prajurit Batalyon yang profesional dalam melaksanakan tugas pokok sebagai seorang prajurit TNI AD.  Yon Arhanudse 11/BS di bawah pimpinan Komandan Batalyon Mayor Arh Bambang Sukisworo BAS S.I.P, melaksanakan pembinaan fisik bidang Olah Raga Militer (ORAMIL) secara terprogram dan terencana dengan tujuan membentuk prajurit Batalyon yang mumpuni. Secara terjadwal Baterai-Baterai (Baterai = Kompi) melaksanakan pembinaan dengan materi yang telah ditentukan oleh Staf 2/Ops. Penguatan di cabang Lintas Medan dan Renang Militer adalah materi yang sering dilatihkan sehingga prajurit mempunyai kondisi fisik yang kuat dan prima.

Di sela-sela jadwal pembinaan Oramil terkadang terdapat Kegiatan protokoler yang mengharuskan personel mengikuti kegiatan protokoler tersebut seperti Satgas Bencana Alam, Upacara hari besar, acara protokoler Kodam dan lain sebagainya. Untuk menghadapi kegiatan protokoler tersebut satuan  harus bisa membuat skala prioritas dalam penyusunan personel sehingga bagi personel yang mempunyai kekurangan ataupun kelemahan mendapatkan kesempatan untuk menambah kemampuannya pada materi Oramil yang dirasa belum memenuhi standar.

Di materi renang militer, satuan menggunakan kolam renang Jas Dam 1/BB dan kolam renang milik Sipil yang ada  di dekat satuan. Sedangkan dalam materi Lintas medan setiap Baterai mempunyai rute masing-masing berikut dengan variasi medan yang dilalui. Batalyon Arhanudse 11/BS mempunyai 3 Baterai tempur yang masing-masing lokasinya terpisah sehingga dalam materi Lintas Medan Setiap Baterai menggunakan rutenya masing-masing.

Di samping rangkaian kegiatan Oramil, Setiap  pagi pada hari dinas para Bintara Pelatih (Batih) masing-masing Baterai memimpin melaksanakan penguatan Kesegaran Jasmani (Garjas) untuk menjaga kesemaptaan jasmani sehingga kemampuan materi Oramil Bertambah tanpa meninggalkan kemampuan pada materi Garjas.

RANGKAIAN KEGIATAN LINTAS MEDAN











PENDALAMAN MATERI RENANG MILITER









PENGUATAN MATERI GARJAS






Rangkaian kegiatan latihan ini juga untuk mempersiapkan lomba Ton Tangkas  Antar Kotama yang akan diadakan pada bulan Maret 2015 di Magelang dan lomba Ton Tangkas Antar Peleton Batalyon Arhanudse 11/BS yang setiap tahun di adakan dalam rangka menumbuhkan kebanggaan masing- masing Baterai.(Ari Ristanto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar