Senin, 18 April 2016

37 EKS GAVATAR ASAL SUMUT DITAMPUNG SEMENTARA DI BATALYON ARHANUDSE 11/BS BINJAI
Beberapa unsur Muspida Kota Binjai berkunjung
ke Barak Eks Gavatar di Yonarhanudse 11/BS

     Batalyon Arhanudse 11/BS adalah salah satu satuan di Kodam I/BB yang mendapatkan tugas sebagai penampung sementara warga Eks Gafatar yang datang dari pulau Kalimantan sebelum dikembalikan ke kampung halamannya masing-masing. Tepatnya hari Kamis, 31 Maret 2016 pukul 18.20 WIB sebanyak 12 KK (37 orang) tiba di Kesatrian Yonarhanudse 11/BS Jl. Soekarno Hatta Km. 19,5 Kota Binjai dengan menggunakan satu bus dari Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara. Kedatangan warga Eks Gafatar itu disambut oleh seluruh Prajurit Batalyon Arhanudse 11/BS dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XV Yonarhanudse 11. Diawali dengan pembagian snack untuk anak-anak dan kata sambutan oleh Danyonarhanudse 11/BS Letkol Arh Hermawansyah, S.I.P. di Garasi Serba Guna. Para warga Eks Gafatar sangat senang dan bergembira terlihat dari rautan wajahnya karena disambut dengan banyak senyuman dan keramahan seluruh prajurit.
Penyambutan Warga Eks Gafatar di Yonarhanudse 11/BS
          Seluruh Warga Eks Gafatar tersebut ditampung sementara di barak yang sudah disiapkan dengan cara dibagi per kamar dan sesuai dengan jenis kelamin dan usianya. Mereka dibantu oleh seluruh prajurit dalam merapikan barang-barangnya. Setelah semua barang-barang dirapikan dan disusun sesuai tempatnya masing-masing kemudian melaksanakan makan bersama dan pembersihan diri. Tampak para Warga Eks Gafatar sangat menikmati menu yang telah dimasak oleh ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XV Yonarhanudse 11/BS. Sederhana tapi nikmat. Dalam kesehariannya disusun jadwal kegiatan rutin yang harus dilaksanakan oleh warga Eks Gafatar baik yang diisi oleh Prajurit Yonarhanudse 11/BS maupun dari pemerintahan daerah. Kegiatan diisi dengan ceramah-ceramah, ibadah keagamaan, pembinaan mental, Psikologi, olahraga bersama, Outbond dan hiburan/rekreasi baik karaoke dan panggung bersama. 
Makan malam warga Eks Gafatar
       Pada saat-saat istirahat dan lepas dari kegiatan mereka bergabung dengan prajurit-prajurit yang berada di asrama untuk melakukan anjangsana dan bercengkeramah sehingga timbul proses komunikasi dua arah yang positif. Warga Eks Gafatar yang saat ini ditampung sementara di Asmil Yonarhanudse 11/BS adalah saudara-saudara kita. 



       Mereka perlu mendapatkan pencerahan dan pengarahan yang baik sehingga dapat keluar dari pemahaman yang salah selama ini. Dalam setiap mengikuti kegiatan mereka semua sangat antusias dan kooperatif. Khusus untuk anak-anak diikutkan kegiatan di TK Kartika yang berada di Mayonarhanudse 11. Di luar itu juga mereka sangat aktif dalam menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal sehingga barak yang mereka tempati tampak sangat bersih.

Kegiatan Outbond Eks Ga
   Kegiatan yang paling mereka sukai adalah Outbond bersama prajurit karena disitu bisa terlihat kekompakan dan keseruan yang dilakukan sebagai salah satui sarana rekreasi dan hiburan di sela-sela kegiatan yang sudah terjadwal rutin.
Waktu yang direncanakan semula untuk menampung warga Eks Gafatar adalah seminggu namun diperpanjang hingga sembilan hari. Namun waktu itu telah berjalan begitu cepat.
     Dalam testimoni yang diucapkan oleh salah satu perwakilan dari Warga Eks Gafatar, mereka mengucapkan banyak terima kasih kepada Kodam I/BB, Yonarhanudse 11/BS, Pemerintahan Sumatera Utara dan Pemerintahan Kota Binjai atas bantuan yang telah diberikan selama berada di penampungan Yonarhanudse 11/BS. Mereka merasa puas dan bangga bahwa TNI dan Pemerintah masih memberikan bimbingan dan tempat yang sangat layak sebelum kembali ke kampung halaman masing-masing.
        Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Lodewyk Pusung beserta rombongan dan para unsur Muspida Kota Binjai dan rombongan juga menyempatkan waktunya untuk mengunjungi para warga Eks Gafatar yang ditampung sementara di Batalyon Arhanudse 11/BS sekaligus memberikan beberapa cindera mata untuk mereka. Pangdam sangat bangga mereka sampai saat ini mau kembali lagi ke daerah masing-masing dan akan beraktivitas seperti biasanya pada saat sebelum mengikuti Gafatar.
      Tepatnya hari Sabtu tanggal 9 April 2016 Warga Eks Gafatar yang ditampung sementara di Batalyon Arhanudse 11/BS kembali ke kampung halamannya masing-masing dengan dijemput oleh pemerintah daerah yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar